persona RM BTS
Music

Mengungkap Teori Intro-Persona, comeback trailer BTS Map of the Soul:Persona

Spread the love

Intro-persona adalah comeback trailer untuk album Map of The soul:Persona BTS yang dibawakan oleh RM. Seperti yang kita tau, intro adalah hal yang wajib ada dalam setiap era musik BTS. Hal tersebut karena intro merupakan lagu  yang berfungsi untuk mengawali pemahaman mengenai keseluruhan album yang akan diluncurkan. Sehingga penting bagi penikmat lagu-lagu BTS untuk mengetahui maksud dari setiap intro dari lagu-lagu BTS.

Seperti music video BTS yang lain, music video intro-persona sangat colorful, penuh dengan imajinasi, serta sarat dengan visual yang estetik. Tetapi apa arti lirik “Persona” dari RM ya? Apa hubungannya dengan teori Map of the Soul Carl Jung? Nah, teman-teman, dalam lagu ini sajak puitis RM bergulat dengan perjuangan yang begitu banyak dari kita hadapi yaitu mencari jati diri.

Mari kita bedah lagu Intro Persona RM

Seperti yang kita tau persona adalah awal dari era BTS Map of the soul. Yang nantinya persona akan diikuti oleh Shadow dan Ego seperti dalam teori Map of the Soul Carl Jung.

Ini adalah gambar papan tulis di music video persona yang terdapat tulisan Persona, Shadow, Ego

intro-persona Genius English Translations – BTS - Intro: Persona (English ...
metro

 

Lirik lagu ini dimulai dengan

“Who am I,” a question that I’ve been asking myself for my whole life

A question that I will probably never be able to find the right answer for

Sebagai pembuka lagu, dalam lirik ini RM mempertanyakan siapakah jati dirinya. Dirinya atau Kim Namjoon memiliki dua sisi dari dirinya yang berbeda. Yaitu sebagai Kim Namjoon dan RM .

Seperti yang kita tau RM adalah nama panggung dari leader BTS ini sekaligus simbil dari persona seorang Kim Namjoon.  Persona RM merupakan seorang musisi yang super terkenal di dunia saat ini. Sedangkan Kim Namjoon adalah seorang laki-laki biasa yang sama seperti kebanyakan orang.

intro-persona BTS (방탄소년단) MAP OF THE SOUL : PERSONA 'Persona' Comeback ...
we heart it

Kemudian lirik intro-persona dilanjutkan dengan

If I were answerable with only a few words, 

God wouldn’t have created all those various beauties

Beauties = different “I”s, different personas. RM atau Kim Namjoon bingung untuk menjawab sebenarnya siapakah dirinya. Dalam lirik lagu ini dituturkan bahwa pertanyaan mengenai jati diri, seperti yang diakui oleh leader BTS ini, merupakan pertanyaan yang sulit. Karena jika bisa dijawab dengan beberapa kata saja, Tuhan tidak akan menciptakan banyak persona dalam diri sesorang di dunia ini.

How you feel? How are you feeling right now?

Actually, I’m really good, but it’s a little uncomfortable 

i’m still not sure if I’m a dog, a pig, or whatever,

but then others come and put a pearl necklace on me, ptui!

intro-persona Rm Sneezing GIF - Find & Share on GIPHY
giphy

Dilansir dari doolset lyrics,

Seperti yang dijelaskan dalam terjemahan Am I Wrong, “seekor anjing atau babi” digunakan secara sarkastik karena ini adalah istilah yang digunakan untuk meremehkan masyarakat umum.

Sedangkan lirik selanjutnya yang terdapat kata-kata pearl necklace atau kalung mutiara yang datang dari referensi: “casting pearls before swine.”  Maksudnya adalah RM tidak tahu siapa dia dan kemudian orang lain datang dan mengenakan kalung mutiara padanya (yang bisa menjadi “babi”) dan memperlakukannya sebagai seseorang yang berharga mutiara, membuatnya tidak nyaman.

Disini jelas sekali RM merasa kebingungan dan sedikit frustasi.  Frustrasi yang dihadapi RM adalah karena saat ini BTS sudah sukses, sudah menjadi bintang dunia, Ia merasa merasa kuat dan telah memenuhi mimpinya. Namun pada kenyataannya RM masih belum bisa memastikan siapa dirinya atau seberapa serius dia harus menerima semuanya. RM sedang memikirkan perbedaan antara RM publik dan RM yang ada di dalamnya.

Dengan kata lain Ia senang menjadi RM yang adalah seseorang yang terkenal dan dipuja oleh banyak orang. Tetapi disisi lainnya Ia tidak nyaman dengan dengan personanya bagai seorang RM karena Ia takut bahwa dengan ketenaran tersebut akan membuatnya jatuh atau sesuatu yang buruk lainnya terjadi padanya.

Hal ini juga senada dengan pidato RM BTS di PBB yang salah satu isinya adalah tentang awareness RM mengenai perbedaan antara RM seorang musisi dunia dan Kim Namjoon anak laki-laki biasa yang dia besarkan di Ilsan, salah satu kota di Korea.

Mari lanjut ke lirik selanjutnya,

At least I laugh more than before

A superhero that I wished to be,

now it feels like I really became one

But why is there more and more blabbering 

One says “run,” and another says “stop”

This one says “look at the forest,” and that one says “look at the wildflower”

Intro-PERSONA
tumblr

Dilirik tersebut RM juga seikit menghibur dirinya karena saat ini Ia lebih banyak tertawa dari sebelumya. Selain itu Ia juga merasa Ia merasa telah menjadi ‘superhero’ yang Ia impikan ketika Ia kecil.

Tapi Ia juga menanyakan, mengapa ketika sekarang Ia berada diatas, lebih banyak orang yang mengoceh tentang dirinya. Terlalu banyak penghakiman terhadap dirinya yang Ia dapatkan sehingga Ia bingung kemana harus melangkah agar langkah yang Ia pijak benar.

My shadow, I named him “hesitation” and called him so

Once he became it, he has never hesitated

Whether it is under the stage or under the light, he keeps appearing 

and stares at me fiercely like heat haze (Oh shit)

intro-persona comeback trailer bts Rm Namjoon GIF - Rm Namjoon Kim - Discover & Share GIFs
Tenor

Shadow yang dimiliki oleh RM adalah hesitation atau keraguan.  Meskipun “shadow” disini adalah shadow atau bayangan dalam psikologi Carl Jung, empat baris lirik di atas mengingatkan pada wawancara BTS pada tahun 2018. RM mengatakan bahwa shadow atau bayangan tumbuh seiring tingginya dan tumbuh di malam hari. Shadow akan terus mengikutinya dan kerap muncul, namun RM  kemudian menuturkan bahwa Ia telah mengakui dan menerima bahwa bayangan akan mengikutinya ke mana pun dia pergi dan apa pun yang dia lakukan. Dan karena itulah RM mencoba untuk menjadi teman dengan bayangannya daripada memisahkan diri darinya.

Mulai dari lirik dibawah ini shadow RM mulai berbicara,

Hey, have you already forgotten why you started this?

You were just loving it that there’s someone listening to you

Sometimes, everything feels like total nonsense

You know what comes out of you when you’re drunk, it’s like acting silly

Disini shaodw RM menanyakan bahwa apakah kamu ingat pertama kali kamu memulai untuk menjadi seorang musisi dan kamu menyukai ketika orang mendengarkan musikmu.

Someone like me isn’t good enough for (doing) music

Someone like me isn’t good enough for (delivering) the truth

Someone like me isn’t good enough for (answering) the calling
Someone like me isn’t good enough to be a muse

My flaws that I know, maybe those are really all I’ve got

The world is actually not interested at all in my clumsiness

Kemudian RM menyanggah karena merasa ragu bahwa sebenarnya Ia adalah orang yang baik dalam bermusik. Selain itu juga ada keraguan dalam dirinya karena Ia menyadari bahwa banyak sekali kekurangan dalam yang dimiliki. RM berfikir bahwa Ia bukanlah orang yang sempurna dan merasa khawatir akan hal tersebut. RM berfikir bahwa dunia tidak begitu tertarik pada kecerobohannya (kekurangannya) dan hanya ingin RM menjadi seseorang yang sempurna saja.

When I tossed and tumbled every night with the regrets that I don’t even get sick of anymore

and twisted the irreversible time like a habit,

it was the first question that raised me to stand up every time

‘But,’ the word that should come before the three syllables of my name

intro-persona Rm Namjoon GIF - Rm Namjoon Kim - Discover & Share GIFs
giphy

Mari membedah apa arti 3 silabel dari nama Kim namjoon yaitu “Tetapi, Kim Namjoon” Dilansir dari Urban Dictionary , Tetapi, Namjoon atau But, Namjoon adalah sebuah frasa yang digunakan oleh haters BTS atau kpop stan ketika fave mereka ditargetkan untuk melakukan sesuatu yang bermasalah sehingga mereka mencoba untuk menunjukkan sesuatu yang namjoon lakukan bertahun-tahun yang lalu (Padahal RM sudah meminta maaf dan belajar dari kesalahan tersebut). Ini adalah cara bagi mereka (kpop stan)  untuk mencoba dan menutupi apa yang telah dilakukan oleh lawan mereka dan untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dengan menggunakan kesalahan Namjoon atau RM di masa lalu.
Oleh karena itu ‘Tetapi, Kim Namjoon’  direferensikan oleh Namjoon dalam Map of the Soul:Persona comeback trailer intro-persona ketika dia berkata, “Tiga suku kata dari nama saya dan kata ‘tetapi’ yang harus menjadi sebelum salah satu dari mereka,” menunjukkan betapa sempitnya pemikiran kpop stan yang menggunakan 3 kata tersebut seakan-akan dia tahu semua yang mereka katakan.
Contoh ketika haters atau kpop stan menggunakan RM sebagai tameng adalah seperti  adalah seperti kelimat ini,

“Kamu dengar bahwa * memasukkan idola kpop acak * mengatakan sesuatu yang sangat rasis dan seksis baru-baru ini, kan?”
“Ya, tapi Namjoon tidak * memasukkan sesuatu yang dia lakukan 6 tahun yang lalu * jadi itu tidak seburuk itu-”

Tetapi dalam doolset lyrics terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini, berikut penjelasannya.

Saya telah melihat banyak orang berspekulasi bahwa dia sadar dan menggunakan hal “tetapi Namjoon-“. Saya pribadi sangat meragukan apakah benar definisi yang digunakan adalah seperi  itu karena (1) hampir secara ketat digunakan dalam fandom non-Korea, terutama pada “stan Twitter,” dan (2) itu tidak benar-benar berfungsi dalam konteksnya.
Penafsiran saya tentang baris ini (sekali lagi, ini adalah interpretasi pribadi saya) adalah bahwa ini benar-benar tentang pertanyaan mendasarnya, pertanyaan yang telah ia tanyakan kepada dirinya sendiri seumur hidupnya dan masih berusaha mencari jawabannya (jika ada) untuk , pertanyaan yang muncul setiap kali dia menderita dan menyesal, dan pertanyaan yang benar-benar menembus seluruh lagu. “Tapi, siapa aku?” “Tapi, (siapa) Kim Namjoon?”

So I’m askin’ once again yeah

Who the hell am I?

Tell me all your names baby

Do you wanna die?

Oh do you wanna go?

Do you wanna fly?

Where’s your soul? Where’s your dream?

Do you think you’re alive?

(How about you?)

(I don’t know, man)

(But I know one thing)

Yeah my name is R

Maka RM bertanya lagi ‘siapakah sebenarnya dirimu?, lalu Ia menjawab namaku adalah R.

Mari bedah nama R dalam lirik tersebut

(1) Huruf R yang berarti Runch Randa (nama panggungnya sebagai rapper underground dahulu), Rap Monster (nama panggungnya dari 2013 hingga akhir 2017), dan RM (akhir 2017 hingga sekarang). Itu juga terhubung ke lirik Answer: Love Yourself pada lirik: “Kemarin aku, hari ini aku, besok aku. Tanpa kecuali, mereka semua adalah saya. ”
(2) Dari “Voice” (lagu pertama dari mixtape pertamanya): “Ya, saya menjadi nyata. Saat ini, hal yang sangat aku inginkan. Saya akhirnya meminyaki pedal yang telah saya injak selama tujuh tahun. Anda tidak bisa membunuh. Ayo ambil jika Anda ingin sepotong saya. Saya hanya berbicara melalui musik, saya tidak tertarik pada hal lain. Jika Anda benar-benar berpikir Anda siap terbang dengan kekuatan saya. Ini tentang R, kawan waktunya sekarang. ”

The ‘me’ who I remember and who people know

The ‘me’ who I created by myself to speak my mind

Yeah, I might have been deceiving myself, I might have been lying

But, I’m not ashamed of it, this is the map of my soul

Dear myself

You must never lose your temperature

because you don’t need to be warm or cold

Though I might sometimes pretend I’m good and sometimes pretend I’m evil,

this is the barometer of my direction that I want to set

Perhatikan bagaimana ia mengakui kemungkinan antara hangat dan dingin dan antara baik dan jahat, yang merupakan konsep berulang dari era Love Yourself. RM benar-benar aware mengenai dirinya bahwa Ia adalah ornag yang tidak sempurna dan tidak mengapa ketika Ia terkadang melakukan kesalahan, Ia bisa belajar dari hal tersebut. sehingga Ia mengatakan “But, I’m not ashamed of it, this is the map of my soul” yang artinya aku tidak malu karena ini peta jiwaku. RM menerima dirinya sendiri dan Ia mengakatan bahwa karena Ia telah belajar dari kesalahannya maka Ia dapat menjadikan kesalah tersebut sebagai barometer atau pijakan hidup yang Ia inginkan untuk dilakukan.

The ‘me’ who I want to be
It can also be “I who want to be me,” although the one above fits better

The ‘me’ who people want

The ‘me’ who I love 

And the ‘me’ who I craft

The ‘me’ who’s smiling

The ‘me’ who’s crying sometimes

Living and breathing every second, every moment, even now,

Persona
 “na” of “Persona,” juga berarti 나 (na; aku)

Who the hell am I?

I just wanna go

I just wanna fly

I just wanna give you all the voices till I die

I just wanna give you all the shoulders when you cry

intro-persona comeback trailer bts BTS (방탄소년단) MAP OF THE SOUL : PERSONA 'Persona' Comeback ...
we heart it

 

Lirik “Persona” ini memperjelas bahwa Kim Namjoon sedang menginterogasi dirinya sendiri, disebabkan oleh banyaknya “diri” yang ada di dalamnya. Dia bergulat dengan identitas, mempertanyakan “siapa aku?” dan mengacu pada “bayangannya” (yang ia sebut ragu-ragu/hesitaition). Kemudian, ia merujuk pada “‘saya’ yang saya ingat dan orang-orang tahu,” “‘saya’ yang saya ciptakan sendiri,” serta versi dirinya yang ia inginkan, versus versi yang diinginkan orang lain untuknya.

Namun pada akhirnya Ia menerima kekurangannya, bayangan, dan kesalahannya dan menyadari bahwa persona memang adalah salah satu dari peta jiwa yang dimiliki semua orang yang tidak patut untuk disesalkan atau membuat diri malu.

Baca juga: Mengupas tuntas album map of the soul persona

Pelajaran yang dapat diambil dalam comeback trailer intro-persona adalah, Kita hanya perlu menerima persona kita dan berusaha memelihara dan mengatur persona dengan sebaik-baiknya.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *