Teori Carl Jung Map of the soul album BTS
BTS,  Music

BTS dan teori Map of the Soul Carl Jung dalam albumnya

Spread the love

ARMY sudah tau kan bahwa Map of the Soul:Persona dan Map of the Soul: 7 terinspirasi dari teori jiwa Carl Jung?

Carl Gustav Jung adalah psikater swiss yang terkenal dengan penekanan pemahaman psyche melalui eksplorasi dunia mimpi, mitologi, seni, agama dan filsafat.

Buku Map of the Soul merupakan buku dari Murray Stein yang berisi mengenai pemikiran Carl Jung tentang bagaimana kepribadian manusia.

Mari kita kupas teori Map of the soul Carl Jung ini, here we go!

Inilah konsep dari personality atau peta jiwa menurut Carl Jung

Psikologi Analitis dalam Konsep Album Terbaru BTS - Nur Halipah ...
Medium

Dari Jurnal The Jungian Model of the Psyche, kita uraikan bagan di atas secara jelas

EGO (kesadaran)

Menurut Carl Jung, ego adalah pusat bidang kesadaran, bagian dari jiwa di mana kesadaran sadar kita berada, rasa identitas dan keberadaan kita. Bagian ini dapat dilihat sebagai semacam “perintah HQ” yang mengatur pikiran, perasaan, indera, dan intuisi kita, dan mengatur akses ke memori.Ego adalah bagian yang menghubungkan dunia batin dan dunia luar, membentuk bagaimana kita berhubungan dengan apa yang eksternal bagi kita.

Bagaimana seseorang berhubungan dengan dunia luar menurut Carl Jung ditentukan oleh tingkat ekstroversi atau introversi mereka dan bagaimana mereka memanfaatkan fungsi berpikir, perasaan, sensasi, dan intuisi. Beberapa orang telah mengembangkan lebih dari satu atau dua aspek ini daripada yang lain, yang membentuk bagaimana mereka memandang dunia di sekitar mereka.

Asal usul ego terletak pada pola dasar diri, di mana ia terbentuk selama perkembangan awal ketika otak berusaha untuk menambah makna dan nilai pada berbagai pengalamannya.

Ego hanyalah satu bagian kecil dari diri; Jung percaya bahwa kesadaran itu selektif, dan ego adalah bagian dari diri yang memilih informasi yang paling relevan dari lingkungan dan memilih arahan untuk diambil berdasarkan padanya, sedangkan sisanya dari informasi itu tenggelam ke dalam ketidaksadaran. Karena itu, ia dapat muncul kemudian dalam bentuk mimpi atau penglihatan, sehingga masuk ke dalam pikiran sadar.

Ego dipakai sebagai judul lagu Outro:Ego dalam Map of the Soul:7 yang dibawakan oleh j-hope.

Ketidak sadaran personal (personal unconscious)

Ketidaksadaran personal terdiri dari seluruh pengalaman yang terlupakan, ditekan, atau dipersepsikan secara sublimasi pada seseorang. Ketidaksadaran tersebut mengandung ingatan dan impuls masa silam, kejadian yang terlupakan, serta berbagai pengalaman yang disimpan dalam alam bawah sadar kita. Ketidaksadaran personal kita terbentuk karena pengalaman individual. Setiap orang memiliki alam bawah sadar yang berbeda, tergantung dengan pengalaman yang telah dilewati masing-masing. Oleh sebab itu, karakteristik setiap individu serta cara menyelesaikan masalah yang dihadapi akan berbeda satu sama lain.

Ketidak sadaran kolektif (collective unconscious)

Berbeda dengan ketidaksadaran personal, ketidaksadaran kolektif berasal dari leluhur manusia. Ketidaksadaran tersebut diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya sebagai sebuah kondisi psikis yang potensial. Pengalaman leluhur itu yang kemudian menghasilkan konsep universal, seperti kepercayaan kepada agama, mitos, serta legenda.
Melalui ketidaksadaran kolektif inilah kemudian Carl Jung mengembangkan beberapa arketipe (model) pada tingkat yang lebih dalam. Kumpulan pengalaman leluhur yang berulang tersebut kemudian mengalami transformasi ketika dirasakan oleh individu ke dalam bentuk gambar dan emosi.

Lalu setelah tiga elemen tersebut Carl Jung membagi ketidaksadaran kolektif ini menjadi 4 kelompok besar:

Referensi Konsep Map of The Soul : Persona - I. Carl Jung's Map of ...
wattpad

Persona

Carl Jung menggambarkan kepribadian manusia terdiri seperti beberapa lapisan kulit bawang. Lapisan paling luar merupakan persona, persona merupakan bagian diri yang sengaja ingin ditampakkan untuk orang lain.

‘Who am I?’ is the question I’ve had all my life / And I’ll probably never find the answer,”

Dari lagu intro:persona BTS berusaha menjelaskan Persona dalam sudut pandang mereka sebagai public figure sekaligus artist.

Seperti dalam siaran langsung RM saat membahas behind the scene album Map of the Soul:Persona dan mengatakan Persona adalah topeng yang digunakan di masyarakat. Topeng bisa menjadi hal yang buruk atau baik, tetapi itu adalah sesuatu yang Anda butuhkan ketika Anda hidup dalam suatu masyarakat.

Kemudian ia melanjutkan “persona saya adalah RM”. RM merupakan nama panggung Kim Nam Joon yang artinya RM berarti persona yang Ia ingin tampakkan kepada orang lain. RM berbeda dengan Kim Nam Joon.

Dr.Stein mengakui perjuangan BTS untuk menyeimbangkan kehidupan publik dan pribadi mereka sebagai “jebakan persona” – suatu kondisi yang dapat memicu masalah psikologis serius.

Dr.Stein menambahkan bahwa “Ini adalah topik yang sangat penting karena orang-orang muda yang merasa kepribadian mereka tidak memadai, atau merasa tidak cocok, sangat rentan terhadap gerombolan (penindasan) atau tindakan bunuh diri – jadi saya pikir penanganan BTS yang sangat tepat waktu dan penting bagi audiens mereka. ”

Baca Juga: Mengupas tuntas behind the scene map of the soul persona

Anima atau animus

Lapisan kedua setelah persona adalah anmia/ animus yang menurut penuturan Carl Jung merupakan lapisan yang paling menarik.

Disini Jung mengatakan bahwa masing-masing manusia memiliki elemen feminis yang dimiliki laki-laki (anima) dan elemen maskulin yang dimiliki perempuan (animus).

Sebagai contoh Ketika perempuan dapat menghadapi penjahat dengan kuat meskipun dalam kehidupan biasanya dia tidak berani.

Menurut Carl Jung hal tersebut (animus dan animo dimiliki manusia untuk memahami bagaimana sifat lawan jenis manusia dalam kaitannya untuk fungsi survival manusia.

Shadow

Lapisan selanjutnya adalah archetype yang dinamakan shadow/bayangan.

Lapisan ini berisi mengenai hal-hal yang mengerikan dalam diri manusia. Seperti yin dan yang shadow merupakan bagian hitamnya.

Dalam hidup ini, kenapasih kebanyakan orang suka membagikan foto korban bunuh diri atau kecelakaan? Atau bahkan selfie di tempat bencana. Bagaimana manusia bisa senang dengan penderitaan orang lain?

Begitulah perumpaan dari shadow yang merupakan sisi gelap manusia.

Seperti yang kita tau Shadow dipakai dalam salah satu interlude song BTS dalam album Map of the Soul:7 yaitu interlude:Shadow yang dibawakan oleh SUGA.

The self

Lapisan terakhir dari archetype adalah The self.

The Self berkembang Ketika manusia punya persepsi atau penilaian yang akurat mengenai dirinya sendiri (self knowledge).

Hal ini sulit untuk dilakukan karena harus melewati beberapa lapisan archetype sebelumnya.

Dari sekian banyak hal itu, elemen paling esensial adalah kepribadian yang dibentuk oleh proses yang bersifat subliminal atau tidak sadar

The Self, menurut Jung, adalah jumlah total dari jiwa, termasuk semua potensinya. Ini adalah bagian dari jiwa yang memandang ke depan, yang berisi dorongan menuju pemenuhan dan keutuhan. Dalam hal ini, diri dikatakan mendorong proses individuasi, pencarian individu untuk mencapai potensi sepenuhnya.

Persona dan Ego adalah bagian yang dekat dengan dunia luar atau apa yang nampak dan berusaha ditempakkan. Sedangkan Shadow dan Animus Anima merupakan bagian yang dekat dengan inner wold atau bagian dalam diri yang tidak tampak dan berusaha ditampakkan.

Oke, seperti itulah penjelasan mengenai teori Map of the Soul dari Carl Jung.

Gimana? semakin tercerahkan atau semakin bingung?

Tetap nantikan artikel BTS Times selanjutnya ya!

 


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *